Langkah-langkah Tes Drive Mobil Baru

Melakukan test drive dengan hati-hati sangat penting sebelum membeli kendaraan bekas atau baru. Tidak hanya memastikan kendaraan masih berfungsi dengan baik, dengan melakukan test drive Anda dapat merasakan apakah mobil cocok untuk Anda.

Ikuti langkah-langkah test drive berikut sehingga tidak ada yang penting yang terlewatkan ketika Anda melakukan test drive:

Sesuaikan Posisi, Untuk melakukan test drive secara optimal, pastikan Anda menyesuaikan posisi kursi dan setir yang tepat dan nyaman. Juga sesuaikan posisi setir ke atas dan ke bawah agar pas dengan bodi dan tangan. Dengan menyesuaikan posisi Anda, Anda juga memastikan bahwa fungsi fitur masih berfungsi dengan baik.

Nyalakan Mesin, Sebelum menyalakan mesin, jangan langsung menyalakan mobil, tetapi biarkan pada posisi “ON” terlebih dahulu dan perhatikan lampu indikator menyala. Pastikan lampu mati, lalu starter mobil. Jika ada lampu indikator yang tetap menyala, itu berarti ada masalah dengan mobil yang perlu diperbaiki.

Suara Mesin, Setelah mesin menyala, buka jendela pengemudi mobil dan dengarkan mesinnya dengan hati-hati, pastikan suara mesinnya normal dan tidak ada suara yang tidak wajar. Hal ini penting dilakukan ketika mesin masih dingin, karena mesin masih dingin yang sering mengeluarkan suara yang bisa menjadi indikasi masalah dengan mesin.

Periksa Transmisi, Periksa kinerja transmisi sebelum menjalankan mobil. Untuk transmisi otomatis, pindahkan transmisi ke setiap posisi yang ada. Pastikan tidak ada jeda panjang atau sentakan keras dari setiap shift transmisi.

Untuk transmisi manual, pastikan perpindahan tidak “tergelincir” atau macet, dan kopling tidak terasa dalam saat diinjak.

Lakukan Test Drive, Setelah memeriksa transmisi, kenakan sabuk pengaman, lalu jalankan mobil. Biarkan panel jendela terbuka sehingga Anda dapat memperhatikan suara tidak wajar selama test drive. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan / dilakukan:

Periksa fungsi roda dengan melewati jalan yang tidak rata Perhatikan apakah rem berfungsi normal atau tidak Putar setir ke kiri dan kanan, memastikan tidak ada suara, tamparan yang berat atau tidak menyenangkan.

Lepaskan setir sesekali apakah condong ke kiri atau kanan untuk mengetahui kinerja setir. Pastikan transmisi tidak berat, terlambat atau tidak bertenaga

Lihat Kembali Lampu Indikator, Setelah test drive, matikan mesin, tunggu beberapa menit, dan coba nyalakan mobil lagi. Perhatikan bahwa lampu indikator menyala. Ini perlu dilakukan karena masalah tersembunyi dapat muncul kembali setelah kendaraan diambil di jalan.

Pastikan Kondisi dan Kecocokan Mobil, Satu hal yang harus Anda ingat, melakukan test drive tidak hanya memeriksa kondisi mobil tetapi juga memastikan bahwa Anda merasa nyaman berkendara di dalam mobil.