Memilih Velg Yang Tepat Untuk Mobil Anda

Velg adalah bagian yang paling cukup penting dari kendaraan, juga memiliki pengaruh yang lebih besar pada kinerja kendaraan. Karena alasan inilah, mengganti velg kendaraan Anda bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan manfaat kinerja dan memberi kendaraan Anda penampilan yang lebih baik.

Untuk memilih velg yang tepat, Anda harus memahami apa velg sebenarnya, bagaimana mencocokkan velg dengan ban. Setelah Anda mengetahui tentang pemilihan velg yang tepat, Anda dapat membeli velg yang Anda inginkan dari toko offline maupun online.

Memahami cara mencocokan velg dengan ban Anda adalah langkah awal yang penting.

Jika Anda ingin memakai ban yang saat ini Anda gunakan untuk kendaraan Anda, dan hanya membeli velg baru, penting untuk mencocokkan velg baru dengan ban Anda. Dalam kebanyakan kasus, diameter keseluruhan velg dan ban tetap sama meskipun diameter velg berbeda, Memasang ban dengan dinding samping yang lebih pendek ke velg dengan diameter yang lebih panjang. Jika Anda ingin mencocokkan velg dengan ban Anda, velg baru Anda harus memiliki diameter yang sama dengan yang lama. Anda juga harus memperhatikan lebar velg, harus sama dengan lebar ban.

Selain mempertahankan diameter velg, Anda harus memastikan bahwa velg baru Anda memiliki pola baut yang sama dengan velg yang lama.

Pilihan Velg untuk meningkatkan Performa dan Gaya

Velg kendaraan memiliki dampak besar pada kinerja performa dan penampilan kendaraan Anda. Mempelajari bagaimana velg dapat memengaruhi handling dan dan performa akan membantu Anda memilih velg yang tepat untuk kendaraan Anda.

Meningkatkan Kinerja dengan Velg dengan Ban Baru

Untuk meningkatkan kinerja kendaraan Anda belilah velg dan ban baru secara bersamaan. Mengubah ukuran dan material velg yang berbeda dapat mempengaruhi performa kendaraan Anda.

Peningkatan diameter velg umumnya memperpendek dinding samping ban, sehingga meningkatkan cengkeraman ban serta respons kemudi kendaraan.

Karena itu pelebaran velg dapat meningkatkan stabilitas kendaraan pada saat di tikungan.

Plus Sizing adalah konsep meningkatkan diameter dan lebar velg dan menambahkan ban dengan dinding samping yang lebih pendek. Anda juga dapat menambahkan velg dan ban yang lebih besar dengan dinding samping yang lebih tinggi, tetapi Anda harus memastikan bahwa ada cukup ruang putar

ban tanpa mengenai fender. Menambah radius ban dan velg secara bersamaan juga dapat memperlambat kendaraan Anda dan mengurangi efektivitas pengereman dengan sistem anti-lock.

Bahan Velg

Velg biasanya terbuat dari aluminium atau baja. Bobot lebih ringan dapat memberikan efek pada penghematan bahan bakar, sementara bahan yang lebih berat/keras, velg menjadi lebih awet. saat melintasi gundukan akan lebih terasa pada velg dengan bahan yang lebih berat, karena getaran vekg dari benturan akan langsung naik melalui suspensi kendaraan. Velg aluminium merupakan paduan yang sebagian besar terdiri dari bahan dasar aluminium yang dicampur dengan bahan logam yang lebih kuat. Velg aluminium cenderung lebih efektif dalam menghilangkan panas dari rem daripada velg baja.

Pemilihan Model Velg

Saat ini banyak sekali pilihan model velg yang menarik. Pabrikan velg aftermarket membuat semua jenis desain dengan pola dan warna yang berbeda. Chrome membuat kendaraan Anda jadi kinclong, tetapi velg hitam juga bisa memberi daya tarik tersendiri bagi kendaraan Anda.

Meningkatkan ukuran velg adalah aspek penting dari penataan kendaraan. Velg yang lebih besar cenderung membuat kendaraan lebih menarik, bahkan jika keseluruhan diameter ban-plus-velg tetap sama. Velg yang lebih besar terutama pada mobil SUV akan tampak lebih menarik perhatian.

Jika Anda ingin memilih velg yang tepat untuk kendaraan Anda, Anda harus terlebih dahulu memahami bahwa velg secara teknis hanya satu bagian dari roda. Anda dapat membeli velg secara terpisah, akan tetapi harus di cocokkan antara velg dengan ban lama Anda. Jika Anda ingin mengganti velg dan ban Anda secara bersamaan dengan ukuran yang berbeda dari roda yang lama, maka banyak hal yang harus Anda pertimbangkan, karena hal ini dapat mempengaruhi performa kendaraan Anda.