Saat Yang Tepat Untuk Mengganti Ban Mobil

Mengganti ban mobil adalah salah satu perawatan yang tidak boleh dilupakan. Seringkali diabaikan, bahkan jika ban rusak atau kondisinya tidak normal, sangat berbahaya untuk dikendarai dan bagian-bagian lain dari mobil dapat terpengaruh.

Kira-kira, kapan Anda harus melakukan ini? Ban sering kempes, jalan raya saat ini benar-benar tidak dapat diprediksi. Banyak orang usil yang menyebarkan paku di jalan sehingga ban orang bocor. Ini juga sulit dihindari, terutama Anda yang mengendarai mobil.

Ban mobil sering kempes dan banyak tambalan

Jika ban mobil Anda sering kempes dan ditambal bolak-balik, lebih baik melakukan penggantian. Kondisi seperti itu membuat kekuatan ban untuk menahan beban berkurang. Tidak hanya menghabiskan banyak uang, mobil dapat dirugikan jika dibiarkan terus menerus.

Permukaan Ban Rusak, Hidup di daerah panas justru bisa membuat permukaan ban pecah atau pecah. Sebenarnya kondisi ini bisa dihindari jika ban sering diberikan cairan khusus dan dicuci. Sayangnya banyak yang tidak sadar sampai ban rusak.

Jika ini terjadi, solusinya adalah mengganti ban mobil sesegera mungkin. Setelah diganti, jangan lupa untuk merawatnya agar kondisi ban tetap fleksibel. Selain itu, sebisa mungkin jangan biarkan mobil terus terkena sinar matahari.

Ganti ban jika permukaannya sudah menonjol

Satu hal lagi tentang jalan di kota-kota Indonesia, banyak di antaranya berlubang! Ini kadang-kadang tidak dapat dihindari oleh pengendara dan sering berkendara dengan kecepatan tinggi. Kebiasaan seperti itu bisa membuat ban mobil rusak dan melambung.

Kondisi benjolan disebabkan oleh putusnya kawat yang terjalin di dalam ban. Ban yang terus dibiarkan seperti ini berpotensi merusak dan membahayakan Anda sebagai pengemudi. Karena itu, jika ini terjadi segera ganti ban mobil Anda.

Deplesi Permukaan Ban, Ganti ban mobil harus dilakukan jika permukaannya menjadi lebih tipis. Anda dapat mengetahui kondisi ini dengan mudah tanpa harus memeriksa dengan tukang ban atau bengkel. Anda cukup memeriksa indikator keausan tapak yang tersedia di setiap unit ban.

Indikator keausan adalah indikator wajar dari keausan ban di permukaan. Produsen ban menulis beberapa menggunakan simbol khusus seperti segitiga atau kotak. Jika permukaan ban sudah cocok dengan posisi indikator, itulah saatnya mengganti ban mobil.

Odometer Mencapai 40 ribu KM, Salah satu referensi yang sering digunakan mengenai kapan harus mengganti ban mobil adalah dengan melihat jarak mobil itu sendiri. Nomor odometer yang sering digunakan adalah 40 ribu kilometer. Jika kita menganggap penggunaan mobil secara adil adalah 15 ribu kilometer per tahun, itu berarti ban harus diganti setiap 3 tahun.

Saat melakukan penggantian ban, Anda juga memperhatikan usia ban. Meski dalam kondisi baru dan bagus, jika ban sudah mencapai usia 10 tahun, ban tersebut bisa dikatakan sudah kadaluwarsa. Mengapa? Seiring waktu, lingkungan di mana ban disimpan akan mempengaruhi fleksibilitas ban karet dan ban akan cenderung mengeras.